Teknologi Honda Sensing

Teknologi Honda Sensing

Libas Tol Tanpa Beban Dengan Teknologi Honda Sensing.

Sering mengarungi jalan tol dalam jangka panjang? Kalau begitu, Anda akan lebih senang kalau mengendarai mobil yang memiliki sistem yang menjaga kecepatan konstan saat jalan lenggang. Berita otomotif mobil kali ini akan membahas sistem Honda Sensing, sistem mobil yang mewujudkan keinginann tersebut!

• Apa Itu Honda Sensing?
Honda Sensing merupakan sistem mobil pintar yang dikembangkan oleh Honda Company Co. Sesuai namanya, sistem ini eksklusif untuk keluaran-keluaran baru mobil Honda. Sistemnya sendiri bekerja dengan cara men-‘sensing’ alias mendeteksi kecepatan kendaraan lain di sekitarnya kemudian menyesuaikan kecepatan kendaraan tersebut. Khusus di Indonesia, sistem ini sudah tersedia dalam unit All New Accord.

Honda Sensing

• Apa Saja Fiturnya?
Honda Sensing dibantu oleh dua jenis sensor, yaitu Monocular Camera (di dalam kaca depan mobil) dan Milimeter-Wave Radar (di grill depan). Kedua sensor ini akan mendeteksi beberapa hal di jalan dan membantu sistem menjalankan empat fitur, diantaranya:
– Adaptive Cruise Control (ACC)
Lho, bukannya Cruise Control sudah jadi fitur umum di mobil masa kini? Memang benar, namun, Cruise Control milik Honda Sensing ini sudah dikembangkan sehingga lebih canggih dan mudah digunakan. Dengan fitur ini, Anda tidak hanya bisa mengatur kecepatan – sistem juga bisa mengikuti kecepatan kendaraan di depannya secara otomatis.

Pengaturan otomatis itu juga bisa diatur apakah Anda ingin memiliki jarak yang pendek, menengah, jauh, atau ekstra jauh dengan mobil depannya. Kalau mobil depan kecepatannya menurun atau bahkan berhenti, maka fitur ini akan mengikuti dinamika kecepatan tersebut tanpa main atur lagi. Kalau butuh, Anda juga bisa mengerem mobil secara manual dibantu Vehicle Stability Assist (VSA)

– Road Departure Mitigation (RDM)
Suka ketiduran saat berkendara? Jangan keterusan, ya. Namun, kalau Anda menggunakan mobil dengan Honda Sensing, maka Anda tidak perlu khawatir karena mobil akan otomatis mengikuti garis jalan (baik yang lurus maupun putus-putus) dan reflektor. Jadi, kalau entah mengapa mobil keluar jalur, mobil bisa otomatis kembali ke jalan dan terus berjalan dengan kecepatan yang sesuai dengan kecepatan kendaraan lainnya.

– Lane Keeping Assist System (LKAS)
Nah, tidak hanya mengikuti jalur jalan saja, mobil dengan sistem ini juga bisa otomatis berjalan dengan kecepatan konstan dan lurus. Jadi, kalau dijalan tol, Anda bisa benar-benar lepas tangan dan mobil akan terus melaju. Nantinya, kalau kendaraan depan berhenti, kan kendaraan juga akan otomatis berhenti berkat sistem ACC.

– Collision Miligation Braking System (CMBS)
Yang keren lagi, Honda Sensing juga memiliki fitur anti tabrakan. Ya, berkat kedua sensor di depan mobil, mobil akan otomatis berhenti kalau ada sesuatu yang menghalangi jalan. Fitur ini otomatis untuk benda diam maupun bergerak. Jadi, baik kucing, orang, maupun tembok, mobil dengan Honda Sensing akan otomatis berhenti. Honda menyatakan bahwa sistem pasti sudah berhenti 30 cm di depan benda yang menghalangi, dan sistem remnya tidak akan dadakan. Selain itu, sistem juga bisa mengatur cara mengerem sedemikian rupa untuk menghindari kecelakaan.
Jadi, bagaimana Honda Sensing menurut berita otomotif mobil hari ini? Tidak hanya menjaga kecepatan konstan saja, sistem ini juga bisa menyesuaikan kecepatan dengan mobil yang ada didepannya. Jadi, Anda tidak perlu selalu memperhatikan kecepatan dan mengatur jarak di jalanan lenggang – cocok banget untuk dipakai saat berkendara di jalan tol! Kalau Anda tertarik dengan Honda Sensing, sistem ini sudah tersedia di Indonesia dalam unit All New Accord.

Tinggalkan Balasan

Close Menu